Episode 8 - Analisis Kebutuhan Kreator


Gambar: Analisis Kebutuhan Kreator (Ilustrasi kaca pembesar dari Canva)

Selamat datang di Akbar Corat - Coret.

Pada episode sebelumnya, telah dibahas tentang judul cerita berepisode dalam rangkaian membangun alat untuk kreator yaitu Siklus Hidup Pengembangan Perangkat Lunak atau Software Development Life Cycle (SDLC). Untuk episode kali ini akan membahas tentang tahapan kedua dalam SDLC yaitu analisis kebutuhan. Pada fase analisis kebutuhan, pengembang menyadari bahwa setiap pelaku usaha memiliki kendala yang berbeda - beda sehingga pengembang perlu menentukan fokus masalah apa yang ingin diselesaikan terlebih dahulu.

Saat ini pelaku usaha dalam melakukan promosi lewat media sosial. Apa yang dilakukan oleh pemilih usaha sudah tepat karena mereka telah menggunakan alat seperti media sosial dalam mempromosikan karyanya. Namun media tersebut memiliki keterbatasan khususnya tentang bagaimana calon pembeli menemukan karya pelaku usaha dengan syarat memiliki media tersebut.

Dari hasil analisis tersebut dapat diturunkan menjadi solusi berupa penambahan portal informasi berbasis teknologi Web, yang berfungsi sebagai sarana promosi dan pemasaran agar pelaku usaha mampu menjangkau pasar yang lebih luas. Cara pelaku usaha melakukan promosi dengan menjadi pencerita akan apa yang dibuat sehingga calon pelanggan dapat mengerti apa yang sedang dijual.

Sebagai penutup bahwa tahapan analisis kebutuhan dapat menjadi langkah dalam memahami kendala dan peluang pelaku usaha. Solusi yang ditawarkan yaitu kreator dapat menjadi pencerita akan karyanya kepada khalayak umum. Demikian yang bisa disampaikan. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.

Comments

Popular posts from this blog

Pengembang Perangkat Lunak Membangun Karya untuk UMKM

Kesalahan Pindah Blogspot ke Domain Pribadi Berujung Domain Blogspot Lenyap

Episode 5 - Meramu Nilai - Nilai Inti pada Produk