Episode 5 - Meramu Nilai - Nilai Inti pada Produk
![]() |
Gambar 1: Ilustrasi Jamu dari Canva |
Setelah menerangkan tentang visi dan misi produk pada tulisan sebelumnya, pada episode 5 kali ini akan membahas tentang nilai - nilai yang digunakan dalam membangun produk. Penentuan nilai - nilai ini disusun di awal sebagai pedoman dalam menjalani hubungan dengan pihak terkait seperti pengembang, pelanggan, pemasok dan pemerintah.
Nilai - nilai inti diambil dari prinsip dari Good Corporate Governance (GCG) atau Tata Kelola Perusahaan yang Baik. Nilai - nilai tersebut yaitu pertama, transparansi (transparency) yaitu keterbukaan informasi bagi seluruh pemangku kepentingan. Selanjutnya, Pertanggungjawaban (accountability) yaitu kejelasan fungsi, peran dan pertanggungjawaban pengelola dan pengawas atas hasil kerjanya. Kepatuhan (responsibility) yaitu kepatuhan akan pelaksanaan tugas terhadap hukum, etika dan komitmen lingkungan. Kemandirian (independency) yaitu pengelolaan secara profesional tanpa ada pengaruh eksternal, serta Kewajaran dan Kesetaraan (fairness) yaitu adil untuk semua pihak tanpa deskriminasi.
Sebagai penutup, nilai - nilai inti tersebut di atas menjadi pedoman dalam menjalani usaha dan penentuannya di awal agar dapat membangun kepercayaan pihak yang terlibat dalam usaha. Demikian yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.
Referensi
https://www.idx.co.id/id/tentang-bei/tata-kelola-perusahaan
Comments
Post a Comment